-->

Type something and hit enter

On
Cerkak Bahasa Jawa "Tresna Lingsir Sore"
Cerkak Bahasa Jawa "Tresna Lingsir Sore"
Cerkak adalah salah satu karya sastra Jawa Modern, Dalam pembuatan cerkak bahasa jawa biasanya pengarang cerkak mempergunakan Bahasa jawa ragam ngoko.

Namun tidak semua pengarang cerkak Bahasa Jawa menggunakan ragam ngoko dalam setiap pembuatan cerkaknya. Terkadang dalam pembuatan cerkak pengarang mencampur adukkan bahasa jawa ragam ngoko dengan ragam bahasa jawa krama. Contoh Cerkak dalam bahasa jawa ini memang mengalami perkembangan pesat semenjak diadakannya Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa yang harus dilakukan di setiap jenjang sekolah, baik itu sekolah dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga sekolah menengah Atas.

Perkembangan Cerkak tersebut juga tidak lepas dari diterbitkannya rubrik Cerkak pada Majalah Panjebar Semangat, Di dalam SIlabus pelajaran Bahasa Jawa juga terdapat Kompetensi Dasar yang membahas tentang salah satu Karya Sastra Jawa modern ini, yaitu Cerkak.

Cerkak Bahasa Jawa dengan judul Tresna Lingsir Sore mempunyai alur Campuran, dikisahkan Niken dan Bagus Wicaksono adalah pasangan muda-mudi yang menjalin Asmara sewaktu masa kuliah. Mereka saling mencinta, hingga suatu saat Ayah Niken harus menjemput Niken untuk pulang ke Desa, tanpa diketahui oleh Bagus Wicaksono, Niken menghilang hingga 17 tahun lamanya.


Bagaimanakah kisah yang terjadi antara Niken dan Bagus Wicaksono, apakah cinta mereka bisa bersatu kembali, untuk lebih jelasnya silahkan baca Cerkak Bahasa Jawa  dengan judul "Tresna Lingsir Sore" yang pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat karya dari DANINGTYAS KH.






Anda bisa mengunduh Cerkak diatas pada link dibawah ini :
 Cerkak Bahasa Jawa "Tresna Lingsir Sore"

1 komentar:

avatar

Adakah cerkak yang pernah menang dalam perlombaan karya sastra membuat cerkak?

Click to comment