-->

Type something and hit enter

On
Cerkak Bahasa Jawa yang pernah dimuat di Majalah Panjebar Semangat Edisi 16 Maret 2016 karya dari Suryadi WS. Cerkak dengan Judul "Ibuku Kang Wis Swargi" ini menggunakan Alur Cerita Mundur atau Flasback, selain itu Cerkak Bahasa Jawa ini menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama dengan cirinya adalah menggunakan kata ganti orang pertama "Aku".
Cerkak Bahasa Jawa "Ibuku Kang Wis Swargi"
Cerkak Bahasa Jawa "Ibuku Kang Wis Swargi"

Diceritakan dalam cerkak Bahasa jawa "Ibuku Kang Wis Swargi" tokoh Aku secara tidak sengaja bertemu dengan teman lama yang bernama Widodo, mempunyai alur cerita Mundur, cerkak bahasa jawa ini dengan sangat jelas menceritakan kisah masa lalu dari tokoh utamanya Aku. Diceritakan semasa sekolah SMA dulu tokoh Aku dan Widodo adalah teman akrab, sampai saat kelulusan SMA mereka berencana untuk mendaftar di Akademi Militer Magelang. Namun sayang tokoh Aku tidak mendapatkan Restu dari orang tuanya terutama dari sang Ibu.

Dengan berat hati akhir tokoh Aku menyetujui apa yang menjadi keinginan sang ibu, akhirnya tokoh Aku memutuskan untuk mendaftar di ATEKAD Akadeni Teknik Angkatan Darat, dan sang ibu pun menyetujuinya, walaupun sebenarnya sang Ibu menginginkan si Tokoh Aku untuk menjadi Guru saja. Pada suatu ketika ada tetangga tokoh Aku yang bernama Slameta, Slameta bekerja sebagai tukang kayu di daerah Bandung, Slameta dan tokoh Aku sudah merencanakan untuk berangkat bersama ke Bandung hari Senin.

Namun, ternyata sang Ibu melarang tokoh Aku untuk berangkat ke Bandung hari Senin, akhirnya dengan berat hati tokoh Aku terpaksa menuruti kemauan ibunya untuk tidak berangkat hari itu juga, selang beberapa jam Pak Lurah mengabari bahwa Bis yang dinaiki oleh Slameta mengalami kecelakaan, 9 orang penumpang meninggal termasuk tetangga yang bernama Slameta.

Baca Juga Cerkak : Luwih Ngati-ati

Lalu bagaimanakah kisah selengkapnya dari Cerkak Bahasa Jawa dengan judul "Ibuku Kang Wis Swargi" tersebut, bagaimakah nasib dari Tokoh Aku, apakah Tokoh Aku jadi untuk mendaftar di Akademi Teknik Angkatan Darat? silahkan baca selengkapnya tentang Cerkak Bahasa Jawa "Ibuku Kang Wis Swargi" dibawah ini :



Jika anda menginginkan Cerkak Bahasa Jawa diatas dalam bentuk Ms. Word, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :

Cerkak Bahasa Jawa "Ibuku Kang Wis Swargi"

Click to comment