-->

Type something and hit enter

On
Karya Sastra Jawa Modern ini merupakan hasil dari buah pikiran pengarang yang mencurahkan indera perasa dan penglihat melalui tulisannya yaitu Cerkak. Cerkak yang didalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan Cerpen, dan bahkan beberapa siswa yang masih awam dengan Cerkak sering menyebutnya Cerpen Bahasa Jawa, tidak hanya Cerpen saja, misal Geguritan. Geguritan yang jika dalam Bahasa Indonesia disebut Puisi, banyak sekali anak-anak sekarang dengan menyebut Geguritan menjadi Puisi Jawa.

Karya Sastra Jawa yang makin hari makin tersingkir, dan bahkan tidak ada peminatnya memang sangat memprihatinkan. Banyak Anak yang merasa kesulitan untuk memahami bacaan yang sebagian besar dari kosa kata bahasa jawa ini, mereka lebih cenderung menyukai bahasa indonesia, yang menurut mereka lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan bacaaan yang menggunakan bahasa jawa.

Cerkak adalah salah satu media untuk mempertahankan ke eksistensian sastra jawa, dengan tampilan yang menarik dan juga ide cerita yang kekinian, diharapkan perkembangan Sastra jawa akan semakin terjaga atau bahkan akan semakin banyak peminatnya untuk mendalami sastra jawa.
Cerkak Bahasa Jawa "Aku"
Cerkak Bahasa Jawa "Aku"

Cerkak "Aku" ini menceritakan kisah seekor kera yang harus menderita karena perilaku manusia. Diceritakan tokoh "Aku" dalam Cerkak ini adalah seekor Kera, harus hidup dibawah siksaan majikannya, si kera dipaksa untuk bekerja untuk sang juragannya. Sedang juragannya hanya memberikan makan seadanya kepada si Kera tersebut.

Cerkak ini mempunyai Alur Campuran, ini dapat dilihat dari penggambaran atau ilustrasi yang dibuat oleh pengarang dalam hal ini adalah Pakne Puri, Cerkak ini pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat, untuk lebih jelasnya anda dapat membacanya secara lengkap bagaimana kisah si Kera menghadapi kekejaman dari tingkah Manusia.







Anda bisa mendapatkan file Cerkak Bahasa Jawa "Aku" dalam bentuk Ms. Word pada link dibawah ini :
Cerkak Bahasa Jawa "Aku"

Click to comment